Sunday, October 24, 2010

Domain gratis atau bayar, pilih mana !

Blogging emang gak bisa jauh dari istilah domain, baik yang gratisan maupun yg bayar. postingan kali ini kia ulas aja, apa, bagaimana dan mengapa tentang, domain gratisan dan yang gak.

Ini soal pilihan, dimana setiap pilihan ada kekurangan dan kelebihan masing - masing, terlepas blog anda untuk bisnis ato cuma hiburan semata. Jadi bila dikatain mana yang lebih baik ato yang lebih buruk agak bingung jadinya, tidak ada penjelasan konkrit tentang itu, kembali kepada pilihan dan menilik akan kelebihan dan kekurangan masing - masing apa aja ???

Dalam blogging kita dapat domain gratisan yang biasa populer dengan brand Wordpress ataupun Blogger, kedua domain tersebut menjalankan layanan gratis bagi siapa aja yang mau bikin blog, ciri yg kentara adalah penggunaan sub domain yg dapat dilihat pada penggunaan nama domain, contoh, http://www.tipsblogging.blogspot.com  atau http://tipsblogging.wordpress.com. dari nama tersebut dapat dilihat bahwa blog tersebut berada dalam sub domain blogger.com dan Wordpress.com. Namun saat ini penggunaan domain gratisan ini dapat dikombinasikan dengan domain yang berbayar. hingga anda dapat memiliki nama domain sendiri tapi tetap menggunakan hosting dari domain gratisan.

Gratisan.

Pertama udah jelas domain dan hosting seperti Blogger.com maupun Wordpress.com gratis gak dipungut biaya apapun.
Kedua "mereka" nawarin template simpel gak pake ribet, tapi jika anda ingin gak ribet bisa aja cari template sesuai keinginan sendiri, banyak yang bisa didownload gratis.

Ketiga jalaninnya gampang banget, abis banyak panduan dan support dari masing - masing penyedia layanan. Biasanya sih daftar, isi profile, posting artikel bla..bla...gak pake lama pastinya postingan anda udah kepublish dan langsung bisa diakses pengunjung.

Keempat cepet banget keindex ama google ato search engine laen, kecuali jika emang ada error pada template ubahan sendiri, makanya kalo pilih template paling gak teliti supaya gak ada error, cape deh kalo udah sekian lama buat keindex search engine aja susah. Umumnya jika gak ada error dengan templatenya blog gratisan paling cepet masuk SERP.

Kelima pilihan pengubahan blog gratisan gak seluas blog berbayar, napa??? template blog gratisan kan standar, kalo berubah pun gak jauh - jauh dari aslinya, trus kalo mau ngubah yang rada beda sulit bagi pemula tentunya, paling enggak mahamin coding dikit - dikit.
Blog gratisan bukan langkah bijak kalo mau bikin suatu brand pada blog, ini tentang branding. Jika masih pake yg gratisan tentunya nama domain induk masih dibelakang nama blog anda, bisa juga pake domain sendiri hingga blog anda terkesan emang branded, oke buat building image.

Gak Gratis.

Pertama yang jelas pake nama domain sendiri, bla..blaa.com, net, org, ato lainnya.

Kedua kalo pake yang berbayar anda punya kendali penuh terhadap tampilan layout dari blog anda, mau gini ato gitu, gimana enaknya aja. Trus banyak pilihan platform yang dapat digunakan, mau jenis statis, CMS, ato apalah googling aja banyak pilihan.

Ketiga blog berbayar relatif lambat keindeks search engine, ini gak selalu tergantung pemilihan hosting, kalo hosting anda oke, tentunya keindeks dengan cepat, lebih jelas tentang hostingan oke di sini.

Keempat sisi teknis blog berbayar biasanya lebih sulit dari blog gratisan, paling enggak anda tau dikit tentang coding apakah itu CSS ato HTML ato PHP, pokoknya sekitaran itu. Gak nguasain itu biasanya malah kaco blognya, apakah dari segi layout, atau pada error.

Kelima pake blog bayar kadang bikin pikiran juga apalagi sedikit mahal, pas kantong lagi cekak..he...Nah biar gak merasa rugi kalo mau belajar pakailah blog gratisan, kalo udah bisa dan nguasain seluk beluk blogging pake yang berbayar, keep serius santai abis biaya hosting cukup mahal, ya motivasi deh dengan pengeluaran itu kiranya bisa buat semangat ngurusin blog supaya jadi blog populer.

3 comments:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  2. Hallo bro! Saya ingin bertanya, bagaimana sih caranya agar tampilan blog kita di hp muncul dengan tampilan website. Soalnya kadang muncul secara default di hp dengan tampilan dasar (tanpa template - tidak menarik untuk dilihat)? Terima kasih sobat atas balasannya.

    ReplyDelete
  3. Sama bang 'Abdillah Minto. Blog punya saya juga tampil secara default di blowser hp dengan tampilan tanpa template yang kelihatan sangat tidak profesional. Admin tolong dibalas dong!

    ReplyDelete