Wednesday, October 27, 2010

Apa backlink

Backlink dapat di asumsikan lawan kata Hyperlink, dalam dunia maya kata backlink sering banget muncul dan menjadi suatu tolak ukur akan kesuksesan sebuah blog. Kok bisa ? Bisa aja, tentunya ada beberapa sebab mengapa membuat backlink merupakan salah satu teknik SEO ( Search engine optimisation ).

Menurut saya, backlink adalah lawan dari hyperlink, Backlink merupakan link balik, ato link kembali yg berasal dari luar blog ato web kita, sedangkan hyperlink biasanya mengarah ke luar ato merujuk pada satu referensi eksternal, ya artinya kalo link tersebut di klik maka bye bye blog kita, itulah mengapa saya berpendapat demikian.


Backlink dijadikan tolak ukur kesuksesan, maksudnya ?  Besar kecil nilai dari pagerank google, itu dipengaruhi jumlah backlink yg mengarah pada blog ato web tersebut, semakin banyak jumlah backlink tentunya akan semakin tinggi nilai pagerank blog tersebut.


Membuat backlink dapat dilakukan dengan beberapa cara, ada cara baik, ada pula cara yg kurang baik, ada juga yg tidak baik. Untuk mencapai kesuksesan yg baik tentunya cara yg digunakan juga harus baik, bukan dengan menghalalkan segala cara.  Backlink dapat disisipkan ke dalam sebuah template, jadi jika teman – teman bisa buat template baik untuk blogger ato buat wordpress itu peluang oke untuk menciptakan backlink.


Kemudian adalagi seperti membuat plugin, juga merupakan satu peluang menciptakan backlink, hanya sedikit mengerti coding sebagai tuntutan untuk menciptakan suatu plugin. Lalu ada yg memberikan backlink pada suatu forum diskusi, namun harus sesuai dengan niche topik ato backlink yg kita berikan dalam forum tersebut emang berguna untuk di sampaikan.


Dalam fitur komentar juga dapat disisipkan backlink, hal ini biasanya terjadi saat blogwalking ke blog blogger lain. Sekali lagi backlink harus sesuai dengan topic postingan dimaksud, biar selaras sepertinya, apabila mungkin tidak sesuai dengan isi postingan, maka backlink tersebut akan dianggap sebuah spam yg gak oke buat search engine.


Dari sedikit cara membuat backlink yg baik, lebih banyak cara gak baik, yg bisa digunakan untuk membuat backlink, seperti membuat email massal,  komentar spam, spam waktu chat, bikin dummy blog sebanyak – banyaknya ??? trus macem – macem pokoknya, ini tentang kebiasaan, emang sih beberapa cara efektif buat seketika, trus itu akhir tujuan kita? kenapa gak kita buat aja trafik yg emang betul alami gak usah pake usaha yg gila – gilaan.


Jika emang blog kita dapat tenar dengan cara gak baik, tentunya tenar gak lama jadi milik kita, biarpun search engine seperti Google adalah sebuah program, ia  juga bisa seolah manusiawi, blog popular tenar seiring dengan waktu, bukan sekejap langsung popular,hingga muncul  “ Content is the King ”  jadi emang ada analisis buat itu. Search engine hargain banget arti kerja keras dan originalitas.


So, buat temen yg pengen bikin backlink berkualitas, paling gak bekerja dan memberi manfaat bagi orang laen, dengan gitu kayanya backlink berkualitas akan menjadi trafik yg berkualitas juga, dan backlink tersebut gak usah pake beli segala, alias gratis. yakinlah akan itu, dan sedikit bersabar serta berusaha.

2 comments:

  1. makasih ceramahnya gan emank mencari backlink hal yang paling sulit

    ReplyDelete
  2. ciamik nih gan,, sangat inspiratif

    ReplyDelete