Tuesday, September 21, 2010

Pengertian trackback link pada blog

Dalam blogging banyak sekali terdapat istilah yg buat gak mudeng, maklum aja namanya inggris pas - pasan, sama juga saya gak pake kursus, gak pake formal segala. namun  gitu bukan menjadi halangan andai kita ingin belajar untuk menjadi lebih baik.
Kadang semakin kita ingin belajar maka semakin banyak hambatan dan rintangan terutama tentang istilah dan fitur baru yg bermunculan dengan gak pake lama, bisa itungan hari ada fitur baru ato service baru yang muncul dalam dunia blogging, solusinya ya belajar terus..
Nah kali ini kita ulas aja maksud dari trackback pada blog, apa? gimana? bla...bla..bla.., semoga dapet ngisi wawasan baru bagi kk yg belon mudeng. maklum bayar utang, abisnya dulu juga diajarin ama blogger senior.

Maksud dari trackback pada blog adalah, duh mulai darimana ya....??? Gini aj, misal kita punya teman yang nulisin topik oke pada blognya, dengan topik itu sangat ngebantu kita pas dengan masalah yg kita hadapi, pokoknya manfaat banget tu topik. pada suatu ketika kita tu nulisin artikel  tentang postingan dari blog teman tersebut, sebagai penghargaan, kayanya pantes tu buat ngasi tau pada teman kita kalo kita udah nulisin tentang postingan yg ditulisnya tempo hari.

Emang sih ada beberapa cara yg bisa digunakan, misal aj pake nelpon, tapi sepertinya pemborosan dan kurang efektif, maka adalah istilah trackback. Trackback menciptakan komentar otomatis pd postingan teman yg saya tulisin diatas, plus dengan link yang mengarah kepada artikel yg baru kita buat dimana berisikan cerita tentang postingan teman tersebut, nah jadi kan ada 2 tujuan yg tercapai, pertama, Kita udah ngasi tau si teman kalo kita muatin postingan tentang dia, kedua, kita menghasilkan link pada komentar blog teman tersebut dan dapat menjadi linkback sama kita. istilahnya sambil menyelam minum air..he..he...


Trus gimana buat trackback??? bikin trackback gak susah, biasanya kalo pake platform yg sama buat blog gak susah, misal gini, trackback antara 2 blog yg sama - sama pake blogger, ato 2 blog yg sama - sama pake wordpress. Biasanya ada link yang tertulis Trackback URL ato Permalink pada akhir postingan. Tetapi,   tidak semua blog nyediain link trackback ato permalink. jadi gak usah ngotot nyari kalo emang gak ada tulisan Trackback URL ato Permalink. Kalo pada 2 platform beda kk harus tau Link dari trackback blog tersebut.


Bilamana kk udah dapet tu trackback link dari sebuah blog, kopikan link tersebut kedalam bagian trackback postingan kk, sewaktu kk publish tu postingan maka otomatis trackback link akan terkirim ke blog tujuan, namun ada blog yg gunakan moderasi pada fitur komentarnya, jadi belum tentu langsung tampil, kecuali jika emang fitur komentar pada blog tujuan tidak di moderasi maka otomatis link trackback akan muncul.


demikian sekilas trackback mudahan bermanfaat.

10 comments:

  1. ooo... begitu.... jadi rada paham sedikitnya tentang trackbak... makasih infonya...

    ReplyDelete
  2. sedikit paham, beneran dikit... gimana kl blog teman kt menulis artikel ttg blog kita tp dia tidak menggunakan aplikasi trackback ini, apakah qt mash tetp dapat backlink dr dy ??

    tengkyu


    blogger pemula | catatan tak berarti

    ReplyDelete
  3. ow begitu ya maksudnya thanks artikelnya ..gan salam kenal

    ReplyDelete
  4. sangat bermanfaat artikelnya
    kunjungi http://www.telkomsolution.com

    ReplyDelete
  5. Wah baru tau saiya, ternyata begitu :D
    Info penting, panas, perlu dan seruu banget ini tentunya

    ReplyDelete
  6. Wah...bahasanya mudah dipahami, jadi enak nge-bacanya. Jadi mulai mengerti tentang trackback. Cobain & thank's berat Brow... (",)

    ReplyDelete
  7. sangat bermanfaat, dapet ilmu lagi neh, hehehe, salam dari karimunjawa jepara

    ReplyDelete
  8. This is a great inspiring article.I am pretty much pleased with your good work.You put really very helpful information. Keep it up. Keep blogging. Looking to reading your next post.

    ReplyDelete
  9. A debt of gratitude is in order for setting aside an ideal opportunity to talk about this, I feel firmly about it and adoration adapting more on this point. In the event that conceivable, as you pick up mastery, would you brain overhauling your website with more data? It is to a great degree supportive for me.

    ReplyDelete