Sunday, October 10, 2010

Gimana dapetin info backlink baru.

Suatu backlink yang mengarah ke blog anda biasanya merupakan ukuran kesuksesan sebuah blog, apa yang dimaksud dengan backlink? Backlink sesuai dengan namanya merupakan link balik yang dapat kita ciptakan dengan beberapa cara ( ntar saya postingkan  aj pada artikel mendatang cara-caranya.)
 
Misal kita telah membuat backlink, sebut salah satu contoh kita mengirimkan email yang berisi backlink menuju blog kita, apabila orang yang kita kirimkan tersebut mengklik link tersebut, maka otomatis dia akan menuju ke blog kita, nah hal tersebut yang disebut dengan backlink, bagaimana caranya kita mengetahui jumlah backlink baru.
Sebenarnya bisa sih, melalui The google backlink checker, ada lagi yang pake Google blog search, dan beberapa program bantu untuk webmaster seperti Google, Yahoo, Bing.  Cara tersebut masih kita gunakan secara manual, artinya kita harus mengeceknya sendiri, kalo cuman sedikit gak masalah tapi kalo usah banyak dan pas lagi sibuk tentunya rada repot, tentunya yang dipikirkan, gimana agar bisa otomatis saja via email lebih nyaman dan gak pake repot.

Bisa sih kita melakukan otomisasi melalui Google Alert dan gak pake bayar alias gratis, yang diperlukan hanya Account Google buat menggunakan service itu.

Biasanya Google Alert digunakan untuk pemberitahuan otomatis akan suatu topik, tapi bisa juga kita gunakan untuk kriteria pencarian yang kita tentukan melalui Kotak pencarian Google, hingga kita akan mendapatkan kiriman email otomatis sesuai kriteria yang di telah kita tentukan.

Email yang berisi laporan tadi dapat kita terima satu hari sekali, satu minggu sekali, satu bulan sekali atau dikirimkan setiap terciptanya satu backlink. Terserah aja mau ngaturnya gimana, silahkan eksperimen aja.


Gimana caranya?
Misal saya coba buat pengaturan untuk blog ini


nama blog saya http://www.imanblogtips.blogspot.com, Log in dulu ke Google Alert
masukkan nama blog -->http://www.imanblogtips.blogspot.com maka akan keluar


Google Alert Email search criteria for imanblogtips.blogspot.com


Jika ingin semua backlink ke blog anda disertakan dalam   ( bukan hanya yang diperuntukkan untuk pagerank) maka masukkan seperti ini :


"www.imanblogtips.blogspot.com" -site:imanblogtips.blogspot.com     Pada kotak pencarian google.


Tentukan typenya, apapun di web yang anda cari, tentukan kemudian atur seberapa sering email laporan akan dikirimkan kepada anda, mudahan di cobain, mayan buat nambah pengetahuan.

No comments:

Post a Comment