Saturday, October 23, 2010

Blog bukan sekedar menulis.


Blog bukanlah menulis dan menulis terus, napa? kalo anda pengen gitu ya udah bikin aja tabloid ato majalah, lebih oke. Menjadi blogger adalah tentang interaksi yg mana itulah yg sulit diaplikasikan ke dalam majalah, koran atau sejenisnya.

Gimana sih cara supaya kita dapat menghidupkan suasana pada blog hingga, blog tidak sekedar tulisan belaka, tapi lebih membentuk suatu komunitas yg membawa manfaat, gimana??? ulas aja sama - sama di sini.


Berikan jawaban atas komentar pembaca, memberikan balasan komentar penting dilakukan jadinya pembaca juga tau mereka tidak sendiri, alias kaya baca koran.emang gak perlu balasin semua, ambil aja yg menurut anda penting buat direply.

Berikankomentar pada blog lain, kalo lagi gak ada ide ada baiknya blogwalking alias jalan ke blog sobat, berkanlah komentar positif buat dukungan sobat anda, jadi seperti sebuah komunitas blogger, lagian banyak temen itu oke kok, dengan komentar jadinya kan temen lain bisa juga berkunjung keblog kita, melalui link komentar, walaupun link komentar kita tidak sebagai backlink, lebih jelas baclink di sini.tapi say no to Spamming!

Bertanyalah, ini sih bukan hal tabu, gak ada yg sempurna di dunia ini, sesuatu hal yg anda gak tau, sesekali boleh dong mintain tulung sama pembaca blog anda, tentang apalah, terserah. gak ada namanya dewa blogger, sama aja pasti ada ketidaktahuan jg. yg lebih penting menyadarinya dan bertanyalah, gak usah pake sok malu karena gak bisa, biasa aja, walau kepada yg lebih muda saya aja sering nanya kalo lagi bingung. banyak rekan blogger yg gak pelit dgn ilmunya, jadi gak ada alasan malu, kaya pingitan he....

Dari komentar menjadi ide postingan, kadang dalam interaksi komentar sering banget keluar ide briliant buat postingan baru, maka berinteraksilah supaya semakin banyak komentar bermutu menjadi ide postingan yg kadang malah bisa menjadi postingan killer.

Sekali sekala berkunjung ke forum diskusi, ada baiknya meluaskan pergaulan, komunitas forum diskusi biasanya sangat solid dan solidaritas tu, diskusi memberi dan menerima, oke juga.

Terima kasih, kalo ada yg negur akan suatu kekurangan terima kasih tu, palagi teguran positif, jarang yg ginian, teguran dan komentar membangun adalah masukan positif menandakan betapa pembaca kita memiliki perhatian, gak cuma , oke gan, nice gan, mantabsss gan dan gan yg laen.

Lakuin polling, kalo da kesempatan bagus lakuin polling, buat ngukur apa sih trend ato hal lain, mayan buat masukan demi kemajuan blog anda.

Promosi Offline, lakukan promosi offline dengan tetangga, teman kerja, kerabat, atau siapa aja yg penting usaha, jadinya emang membuat blog sukses adalah hasil dari kerja keras, hingga kita lebih menghargai arti keberhasilan.makasih masih baca...semoga berguna....tambahannya ditunggu.

1 comment: