Friday, October 22, 2010

Tips memilih nama blog.


Nama blog, udah biasa ah gak ada yg susah, eit emang sih buat nama blog gak pake susah, tapi ada beberapa tips yg berguna dalam nentuin nama blog anda, soalnya namaya internet kan kaya hutan, gimana enggak ada ratusan ato sampe milyaran komputer yg terhubung menjadi satu di Internet, so nama adalah hal yg patut menjadi perhatian, kasian dong pembaca kita kalo sampe susah buat ingatin nama blog kesayangan.selengkapnya baca disini deh, tentang tips membuat nama blog yg oke.


Usahain nama blog gampang di ingat, misal saya nama iman  trus kalo bikin blog apakah memang gak ada nama laen ato emang maunya bikin aneh, jadinya nama blog saya buat seperti imndmn.com, dengan model nama tersebut kaya pengunjung bakal susah buat ingatin, biar gimana usahain nama blog itu segampang mungkin buat diingat.

Nama blog sebaiknya gampang juga disebutin, membuat nama blog yg bahkan sulit buat di eja agaknya sebel juga, misal kalo kita lagi ngomongin blog anda karena banyak hal menarik didalamnya, lalu selalu aja sebel kalo bilangin nama blognya dan si lawan bicara minta ulang  tu nama blog, kalo buat nama blog indonesia saya liatin juga pertemuan dua huruf hidup dalam nama blog agak bingungin, contohnya deriindriani.com nah pertemuan huruf ini ini kadang buat bingung, banyak temen saya yg sering ngunjungin blog yg tidak sesuai dengan keinginannya hanya karena salah dalam menuliskan nama blog yg memiliki pertemuan huruf hidup didalamnya, usahain deh untuk hindari yang demikian.

Pendek itu oke, membuat nama blog yg panjang kanya karena itu nama asli kita bukan ide yg baik tu, napa, semakin panjang suatu nama biasanya sulit buat mencapai point yg saya sebutin diatas, nama terbaik terdiri dari satu kata, nama blog agak baik ya 2 kata, nama blog yang rata- rata ya 3 suku kata, kalo lebih dari 3 ya payah namanya.

ada cerita tentang ini, nama bisnis.com mungkin bisa puluhan jutaan harganya, nama peluang bisnis.com  bisa jutaan, nama pelungbisniskita.com tentunya bernilai lebih rendah, dan juga banyak situs terkenal yg terpaksa membeli nama dengan harga tinggi, seperti facebook.com, kalo gak salah itu harganya ampe milyaran, karena sebelumnya nama facebook.com dimiliki orang laen.

Domain dot com, .com emang udah menjadi nama domain yg paling familiar dalam pikiran orang, hingga munculnya suatu nama domain baru tidak serta merta memberikan perubahan pada pikiran orang, blog itu kita membangun suatu citra, merek lah, kan namanya cari popularitas agar blog kita dikenal, nah misal ni contoh nama detik.com, kalo awalnya namanya detik.net, pikiran orang kayaknya bakal mengarah ke com jika yg diketahui hanya nama "detik" aja. itu nandai nama com  itu lebih familiar sebagai nama domain, dan lagi .com kan bersifat TLD(Top Level Domain)

Buat nama blog itu mencirikan blog anda, tidak membuat nama yg beda amat dengan isi dari blog anda, blog anda berisi tips buat otomotif namun pake nama blog http://ekspresihati.com, sepertinya membuat bingung, emang sih blog kan bisa jadi personal, jadi sesuaikan kalo personal ya namanya personal, tapi kalo omongin otomotif ya....yang sesuaikanlah...,misal http://modif.com ato apalah.

Nama yg branded, nama yg memiliki kekuatan buat blog jadi idaman, so pilihlah nama yang mudah menurut point diatas dan jadikan ia memiliki kekuatan branded,seperti aqua akan identik kalo ngomongin air mineral, pasti aqua melulu yang disebut, jarang nyebut air mineral, kecuali lagi nonton berita. detik.com, gak usah dibilang lagi udah tau juga namanya pasti berita, nah kalo blog isnaini, pada udah tau bilangin gitu pastinya blogger pro, kalo yg luar ada blog kotaku.com, blog ini populer banget identik ama games, ya jadinya blog gamer brandednya, nah blog anda udah branded lom??

Hindari menggunakan tanda strip ato min, nama agak tricky nih, kadang ada tu blogger yg pake nama blognya dengan mengunakan tanda "-". misal buat ngejarin nama aslinya, ato gimana lah yg penting ada "-" nya, menggunakan tanda ini kalo bisa hindari, napa?? sering banget orang salah mengetiandaan alamat blog kalo menggunakan tanda ini, terutama buat pengunjung baru, pertama kali mau berkunjung, eh ...temen yg ngasi tau lupa bilangin tanda "-", jadi kemana mana nih perginya. gak jelas. walaupun pengunjung blog anda banyak dengan menggunakan tanda "-", sebut aja mungkin 1000 pengunjung tetep aja yg salah mesti cukup banyak karena si min. intinya tidak untuk menggunakan tan "-" pada nama blog anda.

Dengan yg saya sebutin diatas, tentunya anda jangan kecil ati kalo emang gak bisa membuat sesuai dengan point diatas, namanya juga faktor, trus juga bukan jaminan, kalo ada yg beranggapan nama bagus pasti punya trafik oke, gak juga. Punya nama bagus, usaha mesti bagus juga. Nama bagus tapi gak dedikasi jadi blogger,  blog anda pastinya sepi, nama asalan kalo blog anda terurus pasti rame tu yg ngunjungin. nah yg terbaik tentunya  nama bagus dan terurus.

1 comment: