Wednesday, October 6, 2010

Tips mencari ide postingan

Menulis blog tidak selalu gampang untuk menemukan ide postingan, apalagi dilakukankan disaat pikiran lagi kacau ntah karena apa. Jika hanya membuat postingan yg asal kejar tayang tentunya hal ginian gak susah,  tapi bikin konten berkualitas gimana??? Pasti dong make resource yg gak dikit juga, baca – baca diblog tetangga, liat sana, liat sini, baru bisa bikin review.
Seandainya kk dalam keadaan pikiran yg gak tenang, baiknya bikin postingan jadiin draft aja, ntar kalo emang lagi oke baru dilanjutkan truz publish, dengan harapan postingan emang miliki kualitas isi. Jadi gak ngerugiin  yg baca. Kiranya hal yg kita ulas berikut dapat ngasi inspirasi buat ide postingan antara lain…


Berita, nulisin artikel berita ato berita review ide bagus kk, biasanya artikel berita cukup naikin trafik dalam waktu singkat, maklum aja namanya berita kan gak selalu panas, ada kalanya dalam jangka waktu tertentu berita jadi basi, solusinya ganti topic baru.  Tapi jika kk pingin buru traffic sesaat nulisin berita bisa jadi pilihan, tapi jangan sampe kena plagiat, bisa payah ntar kk, bikin model review aja kalo bisa cantumin sumbernya, biar aman dikit.

Chat – ngobrol, bisa juga jadi sumber inspirasi, pilih aja chat room yg emang sesuai ama niche blog kk, ntah ngobrolin trend ato prediksinya, pokoknya ngobrol buat gali kira – kira apa sih yg lagi ngetren, pasti  adalah satu, dua yg bakalan jadi inspirasi.
Pengunjung, cerita tentang pengunjung biasanya pada jadi diskusi, bisa aja kk ambil inspirasi dari sana, ntah bahas problem pengunjung kk, ato berbagi informasi baru, ato memberikan motivasi dan lain – lain, meluangkan waktu kepada pengunjung blog kk memiliki arti yang positif bagi perkembangan blog kk kedepan.

Tanggalan, Mencari ide bisa juga lewat tanggalan, gimana??? Dalam setahun kan banyak hari besar ato event yg terjadi, ambil topic yg menarik, gak selalu ngejar hari libur merah doang, masih banyak hal yg bersifat universal  terkait dengan tanggalan kita, ada baiknya cari info dulu deh event  yg menyangkut tanggalan kita. Nah kalo udah dapet baru tinggal nandain mana yg cocok diangkat jadi tema postingan.

Kekurangan diri, nulis kekurangan diri kita adalah sesuatu yg gampang – gampang susah, gak semua orang bisa ngelakuinnya, abis gak semua orang mau jujur atas kekurangannya, tapi percaya gak??? Nulisin kekurangan diri kita sendiri biasanya dapet komentar yg paling banyak, napa???? Ya dipikir – pikir itu kan tentang jiwa besar, bisa gak kk berbuat seperti itu??? Maksudnya biar kita ingat kalo kita itu gak sempurna, di atas langit masih ada langit, biar rendah hati asal jangan  rendah diri. :-)


Kejadian hari ini, nah biasanya kan tiap hari ada aja yg kita dapet hikmah baik di rumah, kantor, sekolah ato apa ajalah dalam keseharian kita, ambil yang menarik dan memberi manfaat untuk pengunjung kita, angkat sebagai postingan. Umumnya artikel dari pengalaman sendiri , postingan kk jadi oke, abis gak perlu nyontek.


Gak usah kalo gak bisa jadi Einstein, nah jadi yg original ato asli,  rada abu – abu definisinya, napa harus pusing dengan original???? Pengen jadi original??? Apakah kita semua penemu ato orang pertama yg menemukan, banyak kok orang yg bikin buku tapi hasil belajar dari buku laen, gitu juga dengan blog, gak selalu harus kita yg jadi bikin riset trus baru masukin ke blog, emang kk udah kelebihan materi?? Jadi intinya belajarlah dari blog lain, cari inspirasi dan tuliskan dengan bahasa kk sendiri, gitu aja udah original namanya, jadi gak usah pusing, semua orang pintar gak langsung pintar, dia juga belajar mulai dari bodoh baru pelan – pelan jadi pintar.

Kira – kira gitu deh ide dari saya, mungkin ada yg nambahin, jadi prinsipnya, banyak ide yang dapat kita temukan, bekerjalah asal jangan kopi paste bulat – bulat, soalnya keringat kita proses perjuangan yg pastinya akan membuat kita menghargai arti kesuksesan, kalo gak mau keringat kk korupsi aja, gak capek cepet kaya, trus ketiban sial mulu, kalo gak diri sendiri, anaknya, cucunya, sampai cicitnya sial mulu. Salam selamat ngeblog kk.

No comments:

Post a Comment