Monday, October 18, 2010

Blog sukses, apa saja ???

Kadang mencapai sesuatu yang menurut "kita" sudah berhasil belum tentu iya. napa gitu? ya iyalah kadang kita selalu mikir kan buat yang pendek aja, jarang sih blogger yang mikir ampe panjang - panjang, tapi bukan gak ada lo yang emang jadi kerjaan, ada....kerjaan apa?? ya kerjaan jadi blogger.
Pendapat saya keberhasilan blogger itu dinilai dari pandangan pembaca blog itu sendiri, mengapa? la iyalah, seorang blogger sejati adalah seorang yang mampu memberikan manfaat kepada orang lain, ya seperti teman semua, kalo blog ini bermanfaat ya alhamdulillah, kalo gak  duh  sedih rasanya, bukan capeknya yg buat sedih, tapi gak bermanfaatnya itu yang bikin sedih.

Kalo temen mendapatkan manfaat dari blog saya, waduh enaaaak sekali rasanya, makan enak, tidur enak, mandi enak, haa... baru benar jadi blogger yang bermanfaat.
itulah pandangan blogger, menjadi seorang blogger bukan hanya target pengunjung sekian, dapet trafik sekian dan lain lain, kadang kita merasa berhasil kalo udah mencapai target itu, tapi untuk menjadi blogger yang selalu di depan, eh yamaha kali  he... kok jadi ingat bang komeng :-)

ada beberapa hal yang wajib diperhatikan, kecuali kk ingin jadi blogger - bloggeran. Apa itu??
  1. Data Statistik blog kita.
  2. Pagerank.
  3. Backlink.
  4. Program Bantu Webmaster.
  5. Selalu melihat perkembangan blog kita sendiri.
Data Statistik blog kita
Kayaknya buat analisis,  Google Analytics jadi sobat yang oke, soalnya fiturnya lengkap abis, kita bisa dapetin info lengkap tentang blog kita, baik jumlah pengunjung maupun data statistik lainnya. kalo blog kita udah ada tempat di blogsphere harapan kita kan pengunjung jadi bertambah tiap waktu.


Pada saat yang sama kita juga harus memperhatikan antara pengunjung baru dengan pengunjung yang sifatnya kembali ( sudah pernah berkunjung ). Kalo kita sering gaul di social bookmarking seperti facebook biasanya akan banyak dapat pengunjung baru, tapi hanya 15% yang bakal berkunjung kembali, hasil tersebut cukup baiklah untuk  kita, tapi bila anda tidak mempromosikan blog anda pada situs social bookmarking, pengunjung yang sifatnya kembali akan lebih tinggi. hingga kita akan lebih mengharapkannya terus bertambah.
Ukuran siqnifikan lainnya dalah Bounce Rate, adalah jumlah pengunjung yang pergi meninggalkan blog kita setelah membaca satu halaman. harapan kita??? ya tentunya membaca lebih dari satu halaman alias betah gitu kk. kita selalu mengharapkan  nilai Bounce Rate itu kecil.

Kalo temen - temen punya banyak sekali pengunjung baru dari pada pengunjung yg sifatnya kembali berkunjung, maka pastinya nilai Bounce Race kk berkemungkinan  angka yang besar. Coba deh kk targetkan aja nilai Bounce Rate sekitar 85% artinya, 15% dari itu akan kembali berkunjung dan membaca lebih dari 1 halaman.

Satu lagi ada namanya Page per visit, maksudnya apa?? Harapannya untuk nilai ini pasti tinggi, napa?? kalo sampe nilai ini tinggi artinya blog kk memiliki sesuatu yang menarik dan membuat penasaran hingga orang tertarik untuk terus membaca pada blog kk. Punya tamu yg mo baca 2 halaman udah bagusan kk, buat seorang blogger.

Pagerank
Pendek kata ini PR adalah ranking dari mbah Google, tentang seberapa bernilai blog kk untuk ditampilkan dalam hasil pencarian si Mbah. Kemarin liatin hasil survey blog, sekitar 200 blog, gila ada beberapa yang ngehit berat, baik postingan pada mutu semua wuih, jadi lemes.....

Tapi jangan kk ambil kesimpulan dulu, coba baca dulu.......jangan ikutan saya, lemes abis he...he..
Temen saya ad tu yang punya beberapa blog,  pertama -tama pasti dimulai dengan PR yang kecil alias Nol besar, setelah setahun barulah Pagerank kk akan mendapatkan PR yang pantas buat blog kk, Pantas Apanya ???? ya.. pantas, Pantas GIMANA? pokoknya pantas, pantas, maksudnya pantas sesuai yang kk kerjakan. Kan tadi saya udah bilang temen saya ada beberapa blog, gini kronologinya...

Teman saya punya 4 blog, blog pertama dibuat postingan seadanya dan tidak di urus lagi sampe setahun, alhasil dapet PR 2,

Blog kedua ditulisin beberapa Novel abis itu lewat, e...setahun dapet PR3
Blog ketiga sekali sekala walau gak rutin di update setelah setahun dapet PR4
Blog keempat dihajar SEO, aktif gak ketulungan, mau makan ngeblog, mau tidur ngeblog, setelah setahun wuih PR6, ajiiiib.
Begitulah soal PR, jadi bukan ukuran jangka pendek, kita ambil satu target waktu maka blog kita akan dapat yang pantas untuk"nya" setelah waktu tersebut habis, dan hasilnya disesuaikan dengan amalan he....he...

Backlink
Sementara pengunjung dan Pagerank hal utama dari blog, backlink cerita beda,Backlink adalah hal detail gimana okenya blog kk.


Google backlink checker. buat ngecek seberapa oke kehadiran blog kk pada komunitas internet, dan lihat berapa hasil pencarian untuk itu, kk bisa ganti nama blogny dengan nama blog kk sendiri.
Coba lagi dengan pencarian yang lebih spesifik pake Google Backlink Checker
kk juga bisa menggunakan Google blog search, untuk melihat berapa kali blog kk di link kan ke blog lain.
Backlink bukan hanya penting untuk Google Pagerank, sementara itu lakukan pengecekan siapa yang mungkin menyebutkan blog kk pada blognya, ataupun orang laen yang membicarakan blog kk, hingga jadi tau seberapa populer blog kk di dunia maya.

Gunakan service Rating
Ada bebrapa service buat memberikan rating pada blog kk, ntah mo pake Technorati, Alexa, ato WebsiteGrader dan Trifecta

Selalu mengawasi perkembangan Blog kk
Memperoleh rating tinggi dan backlink banyak bukanlah hal semata - mata dalam dunia blogging, hal ini tetap bisa berubah, namun yang terbaik dengan terus meningkatkan keseluruhan dari blog itu sendiri,  biasanya sih melakukan check statistik tiap dua minggu, jadi kita tahu apa perkembangan blog kita, bisa naek ato turun.


Dari semua yang saya sebutkan melakukan blogging tentunya harus selalu enjoy, menyenangkan tidak memasang target ketat, malah ntar jadi sumpek, alias seperti dikejar tukang kredit. Lakuin sesuatu yang kreatif dan terus majukan dunia blogging indonesia, happy blogging buat semua.

No comments:

Post a Comment