Monday, September 20, 2010

Pengertian server IIX dan server Internasional.

Sewaktu ngeblog seringkali kita menemukan istilah server IIX maupun server Internasional, apalagi kalau sudah berhubungan dengan hosting, hoster atau tempat nitipin blog kita di dunia maya.

Awalnya saya juga bingung, apa sih kok pada ngomongin IIX dan Internasional, apanya yg IIX? apanya yg Internasional??? sebelumnya saya gak ngurusin masalah itu, ah gak ada bedanya ngapain susah mikirin tentang IIX dan Internasional, maklum masih pake service dari blogger dan wordpress, begitu kepingin pake domain nama sendiri, duh...gak bisa lari lagi..he... mau gak mau baca apa sih maksud IIX dan Internasional, buat rekan yg belum tau baca disini biar gak bingung.



Internet merupakan suatu koneksi sekian banyak komputer ntah juga gak tau pastinya berapa, yg jelas gini aja pengguna facebook kemarin diumumkan udah nyampe 500 juta pengguna, berarti udah 500 juta komputer,  hmmm gimana jumlah seluruh pengguna Internet di dunia??? gak tau dan ...gak usah pusing mikirinnya.

Nah Internet kan terorganisir dengan aturan yg ditetapkan oleh pihak berwenang, termasuk Indonesia masuk dalam aturan tersebut.  Seluruh akses dari dalam negeri terhubung ke Internet dengan melewati suatu pintu gerbang yang disebut dengan IIX ( Indonesia Internet Exchange)
Ilustrasi kira-kira seperti berikut,



Dengan melihat gambar di atas dapat diliat kalo Web ato blog yg berada pada IIX Server aksesnya relatif lebih cepat daripada web ato blog yang terletak pada jaringan luar / Internasional, mengapa??? ya pastilah karena jalur routing yang harus dilalui paket data relatif pendek daripada jalur internasional yang memiliki routing yg panjang.

Dari gambar diatas maka kk dapat menentukan sebenernya milih server hostingan yang gimana sih??? ya tergantung, mau ngincar pengunjung dalam negeri ato pengunjung luar negeri hehee.. ngincar kaya jambret....:-). Misal target pengunjung dalam negeri tapi kk milih server luar negeri hanya buat ngejar iklan, duh kasian kk ama pembaca dari Indonesia pastinya relatif lemot baca blognya. dan juga sebaliknya, kalau mau ngincar pengunjung luar negeri buat cari duit, ya pilihlah server yang terletak diluar negeri, aksesnya pasti cepat dari sana, abis juga lebih dekat dengan lokasi pengunjung blog kk. jangan pake server IIX ntar lemot blogna,  abis itu gak ada yg betah lama tu turis di blog kk.

Baik server IIX maupun server Internasional sama aja, ada yang oke dan ada yang payah.... Pokoknya jangan mikirin harga murah tapi kualitas oke, gak zaman kk, alias gak usah buang waktu, bukan sok anti hosting murah, tapi pengalaman guru terbaik kk.


Buang waktu??? maksudnya apa??? gimana gak buang waktu kk, udah capek bikin blog, tulisan oke...eh malah milih hostingan murah dan kadang gak jelas.
Kerugian milih hosting murah antara lain :


Yang jelas lelet / lemot/siput/
Lambat ke indeks ama google, yahoo,bing ato search engine yg laen
Sering error, apalagi jam sibuk.
Gak konsisten, dengan paket yg kita beli
Layanan konsumen ????? dicuekin kadang he...he

Lagian gak usah terlalu dipikirin tentang harga gak perlu terlalu mahal, paling gak kita juga nyadarin namanya aja Internet, hosting, komputer kayanya harga pengaruh besar ama kualitas, jadi kk kalo ingin blogna oke, ya berikan yg terbaik untuk blog kk, tulisan oke, hosting payah=sama aja.  IIX / Internasional = tergantung niat dan tujuan. :-) Buat milih hostingan ada baiknya kk baca di sini.

2 comments:

  1. jadi pengertian IIX atau penjelasan ttng IIX itu apa boss?

    ReplyDelete
  2. Jika anda butuh hosting murah bisa mampir tempat kita bos www.mediaweb.co.id

    ReplyDelete