Friday, October 29, 2010

Apa pengertian RSS Feed ?


RSS Feed salah satu istilah yg emang sering juga ditemukan dalam aktivitas online, termasuk ngeblog. RSS Feed gak lain kepanjangan dari Really Simple Syndication. Maksudnya gimana ? emang sih kalo Cuma baca kepanjangan RSS doang pembaca terutama yg baru masuk dalam dunia maya rada bingung, termasuk saya waktu itu.
Kenapa sih kok sering banget nemuin istilah RSS Feed?  Timbulnya RSS Feed sejalan dengan perkembangan internet, teknologi RSS  dimaksudkan untuk memberikan kemudahan pembaca ato pengunjung sebuah blog / web untuk mendapatkan konten terbaru,  singkat kata RSS berbentuk sebuah file biasanya dengan ekstensi XML yg berisi sederet kode program dan sebagian dari isi postingan.

Trus file XML tadi buat apa ? nah file XML tadi dapat digunakan oleh layanan yg emang kerjanya ngumpulin RSS Feed, karena RSS Feed gak bisa berdiri sendiri, misal gini , blog  punya RSS Feed trus berarti blog  menyediakan “umpan” yang berupa file xml untuk  “dimakan” oleh si pengumpul RSS  dan diarsipkan,  seandainya kita lagi baca – baca pada sebuah  blog,  trus isi blog tersebut bermanfaat dan emang berguna kepada kita, kita dapat berlangganan kepada blog tersebut, berlangganan gimana ? ya berlangganan kalo blog tersebut ada postingan baru, kita otomatis akan dikirimin sebagian dari artikel baru tersebut.

Jadi RSS Feed digunakan ato diperlukan bagi seseorang yg ingin mendapatkan berita terbaru pada blog yg menurutnya berguna padanya. Nah kalo temen – teman mau punya banyak pelanggan setia, tentunya mulai dengan membuat sesuatu artikel yg original dan bermanfaat bagi banyak orang.

Nah tentunya gak susah buat mahamin RSS Feed, kadang emang bahasanya aja yg bikin gak mudeng, intinya RSS Feed  adalah sebuah fitur Internet yg berupa   Umpan  >>>  Pengumpul >>> Pelanggan.
  • Umpan  >>> Berbentuk file XML yg terdapat dalam sebuah web ato Blog
  • Pengumpul >>> banyak layanan pengumpul di Internet antara lain, Google reader, My Yahoo, Feedburner, Bloglines, Netvibes dll
  • Pelanggan >>>  kawan – kawan, saya ato siapa aja yg emang berlangganan pada sebuah web ato Blog.
Penggunaan RSS Feed biasanya  diminta masukin email untuk berlangganan pada sebuah layanan Feed.
 Gitu aja sekilas RSS Feed, semoga aja  gak lagi bingung, dengan RSS Feed,  jika emang udah tau manfaat RSS Feed  dapat mengaplikasikan dengan memberikan RSS Feed ato umpan dalam blog , dengan harapan blog  mendapat banyak pembaca setia. Selamat ber RSS.

No comments:

Post a Comment