Wednesday, October 20, 2010

Tips membuat konten berkualitas

Kalo pada website konten biasa berupa produk, lain halnya dengan blog, apalagi blog personal. Produk dari sebuah blog tak lain adalah konten/isi dari blog itu sendiri, biasa tuh kalo yg namanya blog dan halaman depan anda langsung kasi produk dagangan, gak pake lama pembaca pada kabur, napa?? tentu aja, kembali ke pandangan pertama, hiks...kaya pacaran. kalo imej blog anda pertama kali udah dianggap sebagai blog dagangan, berarti target anda kan udah jelas cari pembaca yg butuh produk tersebut, tentu tidak semua pembaca mencari produk yg anda maksud.
Postingan ini kita bahasin tips kualitas konten, apa aja sih yg musti diperhatikan dalam menciptakan konten yg berkualitas, apakah blog musti pake kejar tayang? kaya sinetron he..he..

Konten buat beberapa orang itu dianggap bisnis, ada juga yang menganggap konten itu adalah strategi, sepertinya kalu konten sebuah bisnis anda udah tau gimana sih kira - kira bentuknya.
Kalo konten buat strategi ini yg agak unik, nah menjadikan suatu konten sebagai sebuah strategi paling tidak memerlukan kejelian anda sendiri, belajar dari keadaan sehingga blog anda memiliki citra tersendiri di depan pembaca anda.

Strategi sebuah konten bisa disebut sebuah rencana atau solusi bagi pembaca anda, dengan memberikan pembaca sebuah solusi sebenarnya anda memberikan solusi untuk diri anda sendiri. Strategi konten memperlakukan isi sebagai aset yang benar - benar diperhatikan dalam pembuatan hingga publikasinya. Gimana sih melakukan awal dari strategi isi tersebut?? ada beberapa hal yg harus dperhatikan antara lain :

Pertama anda harus menentukan tujuan dari isi blog anda, ini penting, kalo gak tau tujuan hanyut anda seperti dilaut.he...becanda ya jangan serius.

Point apa aja sih yg ada menyangkut konten yg bakal anda kerjakan, dan jangan lupa permasalahan disekitarnya diperhatikan juga.

Nah dalam mencapai tujuan, hal rada teknis juga diperhatikan, baik itu navigasi blog, layout blog, bahasa, ato apalah cari yg terbaik buat pembaca anda.

Pelajari hal - hal seputar konten yg bakal anda publikasikan, dan liatin juga kemungkinan yg timbul pada konten yang mendekati konten anda,

Aturlah sebuah rencana misal:
Kendala atau suatu masalah terkait konten anda
Pahamin arah konten anda dimasa mendatang, misal buat konten kan gak untuk satu waktu, pelajari pola yg bakal kita publikasikan di masa akan datang terkait konten saat ini.
Gunakan konten yg mengikuti zaman alias gak pake kadaluarsa, ini juga bermanfaat, kalo konten berita mau gak mau harus update, konten berita paling cepet ilang tu meriahnya.

Diatas adalah kerangka dasar sebuah rencana pembuatan konten yg berkualitas, mari kita coba jabarkan anda lebih jelas.

TUJUAN BLOG
Setiap blog tentunya memiliki pembacanya sendiri - sendiri, setiap blogger kiranya dapat memperhatikan pembacanya, memberikan informasi terkait masalah pembacanya dan sekaligus memberikan solusi tentang masalah yg dihadapi oleh pembaca. di sinilah inti dari strategi, seperti bisnis yg lebih friendly gitu. kalo cuma dagang frontal gak masalah anda, tapi inikan tentang interaksi jangka panjang, memiliki banyak sahabat itu sangat nyaman beda dengan pedagang sahabatnya gak pake banyak. he...
Contoh blog anda tentang beternak ayam, tetapkan dalam pikiran anda, duh sebulan harus bisa ni cari Rp. 100.000, tapi gimana??? nah buat topik dan konten seputar permasalahan ayam, berikan secara konkrit dan terstruktur sehingga pembaca blog anda sangat terbantu dengan informasi anda, nah kemudian berikan solusi dengan produk yg mungkin memang anda miliki atau paling tidak anda bisa sediakan dengan harga miring, eee....gak taunya pemilik blog anak juragan ayam duh  passs banget. nah jadilah blog sebuah toko yg tidak selalu tampak seperti toko.

PELAJARI KONTEN DENGAN MENYELURUH
Kalo buat anak juragan ayam, permasalahan dan solusi tentunya bukan masalah, berikan yg terbaik kepada pembaca, gak usah pake susah - susah, berikan solusi dimana itu sulit ato jarang didapat ditempat lain, duh semua udah ada ditempat lain, ...gimana??? ya gimanalah pastinya bisa, anda jangan lupa untuk kerja keras, emang buat postingan ginian waktunya gak sebentar, bisa beberapa jam gitu mungkin ampe 7 -8 jam. tapi hasilnya sesuai, salah - salah artikel anda malah jadi killer article.

SEMPURNAKAN HAL TEKNIS
Hal teknis menyangkut blog, sempurnakan anda, kalo anda gak ahli dibidang itu nah disitulah manfaat banyak teman,  master blogging Indonesia segudang anda, gak usah pake sungkan, bersahabatlah tentunya gak tega juga liat saudara setanah air kaya  bingung, hal tentang SEO, Navigasi, Bahasa, Layout, Tags, ato semua tentang teknis sempurnakan.

PERHATIKAN TETANGGA KONTEN
Hah tetangga konten, janggal amat, ya emang janggal si anda abis rada bingung bilangnya, sorry anda. Tentang tetangga konten mungkin gini anda, misalnya tadi tu kan ada blog ayam, ngapa gak kita perhatiin juga tentang tetangganya ato memang seputar unggas, jadi kan lebih sedikit luas konten kita, mungkin saja nanti suatu waktu kita bakal menulis tentang unggas lain, gak selalu harus ayam, dengan banyaknya kemampuan kita menulis, peluang kan semakin banyak, tapi jangan juga kebanyakan entar cuma jadi dokter umum, sana dikit sini dikit, kalo bisa 2, bisa semua,  dari kulit sampe isi gitu anda.

MENYIAPKAN RENCANA ANDA
Selalu cari masalah seputar konten, kalo gak ada masalah gak ada yg ribut anda, he... tapi masalah positif anda bukan tawuran. Dalam hidup ini banyak sekali masalah kehidupan. Mulailah anda menulis satu untuk solusi kehidupan. Berikanlah solusi mulai hari ini hingga tak terhingga
Kalo sebuah konten bakal terus menjadi trend dimasa akan datang, maka konten tersebut layak untuk terus dikembangkan,hingga kita juga gak kehabisan ide.

Apalagi kalo buat konten yg sulit untuk kadaluarsa, hah ada?? ada kok anda konten yg kaya gini, anda pikirkanlah ya gimana konten yg sifatnya sepanjang masa pasti ada, nah buat yg seperti ini. zaman ini cepat berubah anda, carilah yg tidak cepat berubah, maksudnya kontennya.

membuat konten yg kualitas oke gak pake sebentar anda, butuh pengorbanan waktu dan pikiran, mulai lah menulis gak usah difikirin dapet apa nanti, dapet apa nanti, gak usah kebanyakan mikir, buat aja entar manfaat datang bagi yg berbuat anda, so gak usah cemas. selamat menulis.

No comments:

Post a Comment