Wednesday, October 13, 2010

Meyakinkan pembaca untuk beli ebook kita

Pertanyaan simple namun berat, dalam usaha mendatangkan income dari blog salah satu cara yg dapat kita lakukan adalah berjualan ebook, tapi saya tekankan berjualanlah sesuatu yg benar bermanfaat bagi pembaca kk, bukan menjual ebook sampah dengan harga lumayan tinggi.

Banyak teman blogger melakukan promosi produk yg mana produk tersebut berupa ebook, dari sekian banyak hanya sedikit yg benar-benar dapat menjalankan bisnisnya dengan lancar, jadi sebenarnya masalahnya apa sih? Kok banyak yg gagal? Sebelum berjualan ebook ada baiknya kk kita mengetahui faktor apa aja sih yg mempengaruhi keberhasilan berjualan ebook di blog kk antara lain :

Berikan pembaca kk jaminan, jika sebagai calon konsumen keraguan adalah hal umum yg kerap mempengaruhi pemikiran mereka, apa sih manfaatnya?? Bener gak bermanfaat?? Nah pemikirin ragu seperti ini, harus dicari jalan keluarnya yaitu dengan memberikan garansi kepuasan pelanggan. Bagaimana kalau pelanggan tidak puas??? Masalah puas ato tidak tergantung dari deskripsi produk kk. Oleh karena itu hendaknya kk tidak membuat deskripsi produk yg tidak terlalu muluk dan tidak sesuai dengan keadaan produk ebook yg kk jual, bersikap muluk sangat pengaruh ama penjualan, emang sih keuntungan besar tapi seiring itu kk juga bakal dikenal sebagai tukang tipu. Jadi semua tergantung pilihan kk

Kemudahan transaksi, Proses transaksi adalah hal penting dalam penjualan produk, kerumitan akan proses transaksi bisa membuat calon pelanggan kk kabur, tentu dalam pikirannya, udah mau beli kok ribet amat ni proses??? Jadi berikanlah proses transaksi semudah dan seaman mungkin, gak usah pake link sana – link sini, dan proseslah transaksi tersebut secepat mungkin bilamana persyaratan yg dibutuhkan telah dipenuhi calon pelanggan kk.

Ceritakan pelanggan kk yg lain, menjadi pembeli pertama sangat berat bagi calon pelanggan, mengapa??? Kembali ke kredibilitas blog kk, ato kk sendiri. Coba kk beli produk lewat sales saat pertama pastinya kita ragu banget untuk beli produk, hal ini tentunya beda dengan sales yg udah beberapa kali bertransaksi dengan kita, atau paling tidak ada teman kita yg udah nyobain produknya. Maksudnya, berikanlah suatu bukti pelanggan yg emang udah pernah membeli produk kita dalam bentuk review, hasil poling ato apalah, yg penting dapat memberikan keyakinan calon pelanggan kalo produk kita bukan sampah.

Berikan harga promosi, memberikan harga promosi bisa bikin calon pelanggan tertarik, apalagi jika promosi tersebut gak pake lama, boleh dong berikan harga bagus, lagian kita juga gak harapin jadi milyader melalui blog, ngapain pake untung besar kalo itu membuat calon pelanggan berfikir dua kali buat beli book kk. Bisnis internet itu kan tentang jumlah, gak usah takut rugi, gimana enggak, potensi pembeli bisa ribuan ato puluhan ribu ato bahkan lebih, intinya gak usah mahal – mahal, bisaa aja kk.

Berikan konten ebook yg lengkap dan variatif, memberikan isi ebook yg gak jauh dari isi promosi pada setiap bagian ebook kk, pasti deh, bakalan bosen pembaca kk, napa??? Ya iyalah sekian halaman isinya sama ato mirip, siapa yg gak bosan bacanya. Kalo bisa berikan isi yg menyeluruh dari rangkuman yang kk gunakan sewaktu melakukan promosi ebook tersebut.


Cari tau interest pembaca kk, sebelum jualan ebook, ada baiknya cari informasi tentang interest pembaca blog kk, apa sih yg jadi kendala??? Apa sih problem pembaca kk dalam blogging misalnya?? Dengan adanya masalah tentunya bakal mudahin kk buat suatu produk ebook yg sesuai dengan kebutuhan pembaca kk, kalo blog kk berniche otomotif  ngapain jualan ebook tentang seni, kecuali jika emang ada kaitan dengan niche blog kk. Misal kk punya blog berniche blogging lalu jual ebook tentang motivasi diri, mungkin bisa sejalan.

No comments:

Post a Comment