Thursday, October 14, 2010

Dasar SEO bagi blogger pemula

Search Engine Optimisation ato lebih dikenal dengan SEO merupakan langkah optimalisasi blog kita terkait dengan hasil SERP ( Search engine result page) ato hasil pencarian search engine seperti Google, Yahoo, Bing, Altavista dll.

Buat urusan blogging ato ngeblog SEO bukan merupakan sesuatu yg menjamin blog kk bakal tampil dalam hasil pencairan search engine, tapi paling gak blog kita “bersikap ramah” pada search engine. Apaan aja yg dikatain ramah terkait dengan SEO blog??

Hubungan SEO dan Gambar
Gunakan selalu alt Tag, berikan isi buat deskripsi gambar sebagai altenatif yg dapat ditampilkan pada blog kk jika pada suatu saat gambar yg kk maksukkan kedalam blog, tidak tersedia ato gak ada.
Berikan judul gambar sesuai dengan kerangka utama materi postingan kk
Menggunakan flash pada postingan jadi payah, soalnya search engine tidak dibuat untuk tau isi dari file flash yg kk masukin kedalam postingan.

Hubungan SEO dengan kata kunci
Jadiin kata kunci sebagai judul postingan pada blog kk, membuat kata kunci dan judul beda kemudian misal isinya juga beda, bikin pusing search engine, takutnya aja kalo search engine dah pusing males nampilin isi blog kk, abis isinya gak relevan antara isi, judul dan keyword.Gunakan kata kunci yg selaras dengan isi postingan, pokoknya pandai – pandai masukan kata kunci postingan kita  dalam merangkai kata yg sesuai menjadi suatu kalimat ato paragrap yg oke.
Gunakan aja kata kunci untuk kategori postingan, dan tagsHubungan SEO dengan BacklinkYg penting gak usah bayar untuk backlink, ngapain kk harus beli backlink kalo hanya buat sesaat, buatlah trafik yg berkualitas dan alami, gak usah pake bayar, kalo blog kk diurus juga bakalan pasti maju.

Hubungan SEO dengan Backlink
Dapetin Anchor backlink dari blog tetangga yg sesama topik, mayan buat tambahan
Gak usah buat backlink lingkaran, misal kk punya tiga blog sebut ada blog A, B dan Blog C, terus kk buat link dari Blog A ke blog B, kemudian blog B ngelink ke blog C  dan terakhir blog C ke Blog A lagi, bikin yg model ginian google gak seneng banget, malah bisa – bisa ketiga blog ke banned ama google ato kerennya jadi sandbox, kubur deh.
Google bakal ngebaca link yg ada walaupun pake atribut no follow, juga pasti ke indeks

Hubungan SEO dengan Alat bantu
Gunakan deh alat bantu webmaster seperti analytics, sitemeter, alexa dan masih banyak lagi, maksudnya sih buat nembak kata kunci yg populer pada postingan kk kedepan.

Gitu deh sekilas dasar SEO, pahamin aja, kalo kk udah biasa dengan apa yg saya sebutin diatas, lama – kelamaan postingan kk bakal emang oke banget dimata Search Engine.

No comments:

Post a Comment