Sunday, October 17, 2010

Apa Nofollow dan Dofollow blog

Sering banget kita mendengar atribut nofollow dan dofollow, dulu awalnya saya juga bingung apa ya artinya, nah kalo udah tau gak ada salahnya berbagi biar kalo ada yg belon tau sama - sama tau jadinya.
Nah, nofollow dan do follow merupakan sebuah atribut, atribut apa? ya  atribut. atribut apa!! ya pokoknya atribut he...he.... gak usah pusing ya kk. Biar saya aja yg pusing... :-).


Suatu blog yang punya fitur komentar biasanya kan ada kolom teksbox yang harus di isi, biasanya ada Nama, Website, Email, dan kolom untuk ngisi komentar. Apabila kita mengisikan nama Website ato blog kita maka nama tersebut akan dijadikan sebuah Link.

Misal yang kita masukkan itu nama blog ini   http://iman-blog.com    maka  tampilan  pada  kode  HTML nya umumnya kira - kira seperti berikut :

<a href="http://imanweblog.blogspot.com/"> http://imanweblog.blogspot.com </ a>
Format umum suatu link biasanya seperti yang saya tulis diatas, namun untuk sistim blog, baik blogger maupun wordpress biasanya akan ditambahkan suatu atribut, ya itulah atribut nofollow ato dofollow
<a rel="nofollow"href=http://imanweblog.blogspot.com/> http://imanweblog.blogspot.com </ a>


Apa yang bedain kedua kode diatas, la benar kan, iya benar kk, perbedaan pada kode rel="nofollow" ada pada kode bagian bawah sedangkan bagian atas tidak ada, itu yang disebut dengan atribut.

Apa maksudnya??
Gini, maksud dari atribut rel"nofollow" yaitu  yaitu atribut yang tidak mengizinkan suatu link pada komentar dianggap sebagai sebuah link atau backlink bagi robot pencari milik search engine seperti Google, Yahoo, Bing dll.

Apabila atributnya seperti ini : rel"dofollow" atau lengkapnya gini,
<a rel="dofollow"href=http://imanweblog.blogspot.com/> http://imanweblog.blogspot.com </ a>


maka link tersebut merupakan sebuah backlink yang akan dihitung oleh robot pencari biasa disebut BOT dari search engine. sehingga kalo banyak kita memberikan komentar pada blog yang menganut paham atribut dofollow, jumlah backlink kita akan menjadi banyak dan bermanfaat untuk proses pembentukan peluang tampilnya blog kita pada SERP ( Search Engine Result Page). 

Nah begitulah sekilas mengenai atribut nofollow dan dofollow. semoga bermanfaat buat semua. :-)

2 comments:

  1. Artikel ini memberikan cahaya di mana kita dapat mengamati realitas. Hal ini sangat bagus dan memberikan informasi yang mendalam.terima kasih atas artikel ini bagus.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih buat artikel ataupun informasinya sob.. mantab..

    ReplyDelete