Monday, September 20, 2010

Memilih Hostingan, Apa aja???

Yg namanya website ato blog tentunya tidak jauh dengan yg disebut hosting, dulu waktu belajar blogging trus denger dan liat kata hosting kadang agak gak mudeng apa sih, maklum internet ini kadang belajar otodidak alias antem aja, kadang bisa jalan kadang juga rugi, loh kok rugi gimana?  namanya lagi nyobain plus ditambah rayuan dan promosi tentunya banyak sekali pengguna internet yg masih nyubi ato baru belajar ikut tergoda ama na hosting murah dan berkapasitas besar. sebenernya apa sih hosting dan juga gimana sih ciri hosting berkualitas??? kita ulas aja ya sama2...
Hosting umumnya disebut dengan tempat penitipan, hah kok bisa?? dalam dunia blogging khususnya hosting sebagai tempat kita menitipkan halaman blog kita jika menggunakan nama Domain sendiri, Nah ketemu lagi dulu ama kata yg saya gak ngerti "Domain". apa domain ??? Domain = suatu cara identifikasi ato buat nandain aturan dari otoritas yg berwenang dalam hal ini otoritas standar Internasional buat bikin nama web ato blog pada dunia maya, maksudnya supaya gampang nentuin nama biar tidak saling bentrok antara web/blog yg satu dengan lainnya, maklum internet kan mungkin semilyar lebih yg saling terhubung di dalamnya, nah kalo gak ada aturan bisa kacau. amburadul mau ke facebook mungkin nyasar kemana2...he....he..
Kok tambah bingung ada hosting dan ada Domain???? Supaya lebih jelas pisahin dulu antara hosting dan Domain, baru bisa mbedain apa aj sih.

Hosting = Adalah sebuah server yg dapat kita gunakan untuk menitipkan web ato blog kita, sehingga web /blog tergabung ke dalam jaringan internet dan dapat diakses oleh orang banyak.Kok nitip??? bikin aja sendiri??? Kalo mau buat sendiri tentunya biaya yg dikeluarkan tidak sedikit,jadinya lebih praktis nitip pada tempat penitipan yg umum disebut webhosting.  Mungkin nanti bisa kita ulas gimana bikin Web Server sendiri, ntar kepanjangan ya.


Domain = Domain ato jelasnya Nama domain, adalah suatu aturan nama yg telah ditetapkan menurut standar baku internasional oleh badan yang berwenang, sehingga terbentuklah website/blog dengan ekstensi TLD .com, .net, .org, dll.  IANA = Internet Assigned Number Authority, oleh IANA nama ini ditetapkan menurut aturan baku. Kalo lebih jelas baca aja disini iana.org, abis ntar kepanjangan pembaca tambah bingung, dikit aja ya pelan2.


dalam dunia blogging paling tidak kk tau tentang domain dan hosting, jadi sedikit - sedikit kita belajar teknis, dan ada baiknya kk selalu kritis dan bertanya, walau dalam hati.

Misal kk ingin membuat sebuah blog, maka yg harus disiapkan adalah sistem yg membentuk blog itu sendiri, kk bisa pilih blog kk mau menggunakan apa, bisa pake Blogger.com, Wordpress.com, Joomla, ato kk mau yg pake model html statis, bisa aja. terserah,  pilih dan gunakan yang mana kk ngerti cara pakenya. gak usah ribet - ribet.

Jika kk menggunakan blogger.com ato wordpress.com maka otomatis biaya beli nama domain dan tempat penitipan file tidak pake bayar atau gratis, karena semua ditanggung oleh blogger.com ataupun wordpress.com. Jadinya blog kk bersifat sub Domain, atau pada nama blog kk memiliki akhiran blogspot.com, contoh misalnya saya,  mungkin nama blog nya gini : http://iman.blogspot.com, ato http://iman.wordpress.com kalo pake wordpress.com tetap ada embel - embel induk dari domain yg kita tumpangi karena inilah ciri  nama blog yg gratis.

Lain halnya dengan html statis, ato joomla ato lainnya, blog menggunakan html ato joomla dibuat di kompi kk masing - masing tanpa menggunakan sambungan internet, jadi kk bisa bekerja secara offline tanpa terhubung ke Internet. Buat dulu apa yg mau ditampilin di Internet, nah kalo udah selesai baru melakukan yang namanya Upload atau mindahin file yg ada di kompi kk, ke kompi server tempat penitipan, tentunya pake bayar alias tidak gratis. Harganya ??? tengantung paket yg kk pilih.

Jadi membuat blog tanpa menggunakan fasilitas gratis dari blogger.com ato wordpress.com point biaya yang bakal kk keluarin antara lain :

1. Biaya beli nama domain. Beli nama domain,... dimana??? ( ditempat kk mengambil paket penitipan hosting udah sekalian disana, bisa sih pisah - pisah belinya, tapi kalo baru nyoba ya yang praktis aja dulu. entar kalo udah paham dan mahir baru terserah) harga tergantung paket yg kk pilih
2. Biaya sewa tempat, ada yg 1 - 12 bulan, atau tahunan terserah yang mana ( kalo lagi pertama nyoba hosting pilih aja yg waktunya gak lama, maksudnya biar buat nyoba, kalo memuaskan perpanjang lagi, gak usah pake nafsu langsung 2 tahun, entar kalo ngecewain payah rugi mau pindah udah keluar biaya besar.


Nah sebelum memutuskan membeli / menyewa tempat hostingan buat blog, ada beberapa point yg harus kk perhatikan tentang fasilitas hosting, dengan memahami mudahan kk gak dirugikan dengan promosi yg kelewat wahhh, poinnya antara lain :


Speed, ato kecepatan akses, memiliki hostingan yg speed nya oke pasti membuat pembaca blog kk menjadi nyaman, dan gak usah pake nunggu lama bila membuka halaman blog kk, cobain aja kk kalo ketemu blog yg lelet banget pasti kesel kan? Nentuinnya gimana??? coba aja kk baca mengenai Respon Time dari server hostingan, lagi nyari plugin buat testnya belum nemu, mungkin ada temen lain yg bisa bantu ya.

Besar lapak, nah besarnya tempat juga jadi perhatian, kalo blog kk masih baru ukuran kecil okelah, nanti kalo udah berkembang baru upgrade dengan tempat yg lebih besar, jangan langsung besar sia - sia aja, napa??? kan blog kk masih baru gak begitu besar ukuran keseluruhan filenya. ngapa harus beli yg besar, yang kecil aja cukup.

Trafik, memang jumlah trafik tidak semua hostingan membatasinya, tapi umumnya trafik pada server IIX dibatasin jumlahnya, duh ketemu lagi istilah asing "IIX" kalo sehat entar kita ulas juga maksud IIX ya, lain postingan. lanjut dulu ...he.:-), 
trafik adalah jumlah data yg lalu lalang keluar dan masuk pada blog kk, maksudnya, setiap ada pembaca yg membaca artikel kk maka pembaca tersebut menggunakan sebagian jatah trafik kk, dan tempat hosting IIX biasanya ngitung ni jumlah totalnya berapa? nah dengan ada pembatasan tadi, misal blog kk ambil paket yg trafiknya sebesar 3 Gb, kalo udah sampe 3 gb, ada pesan tu dari web hosting kk, alias blog kk gak nampil lagi jadi digantiin pesan yg intinya bilangin blog kk udah abis jatahnya( mungkin blog kk pengunjungnya padat banget), dikarenakan jatah trafik kk udah habis, blog kk udah gak bisa ditampilin, saatnya kk melakukan upgrade buat meningkatkan jumlah trafik.

Server hostingan luar negeri umumnya gak ada pembatasan trafik, mau sedikit ato banyak, jalan aja terus. Emang hosting IIX relatif lebih mahal dikit dari hostingan luar negeri.

Reabilitas server, suatu server hosting dituntut untuk beroperasi 24 jam perhari nonstop, mampu gak web hosting jamin ginian??? pada web hosting biasanya ditampilin reabilitas server banter cuma 99% aja, emang sih sulit juga jamin sampe 100%, namanya sistim komputer, kalo mau ngadat gak pake bilang sih...., maksudnya gunakan web hosting yg jarang ada gangguan, kalo blog kk kecil sih gak pikiran, tapi coba.. kalo pengunjung udah banyak??? bisa gak tidur kk,mikirin pembaca yg kecewa dan kredibilitas blog kk menurun juga, itu gak oke jadinya.

Layanan, Kalo menggunakan jasa layanan webhosting, pilih yg layanan konsumennya baik dan tanggap dengan keluhan kk, maklum tidak semua kita paham hal teknis tentang server dan pernak perniknya, tanyakan bilamana kk ada keluhan terkait blog kk. Apabila layanan gak nyaman berarti webhosting tersebut gak profesional, udah mempercayakannya kok malah ditinggalin apa karena udah bayar, trus gak butuh lagi, nah kk cermatin dulu gimana layanan konsumennya, coba pake chatting, ato telepon, ato komunikasilah, entar kan tau gimana sih pelayanannya, makanya saya katakan cobalah dengan waktu yg tidak lama buat evaluasi dulu, kalo nyaman panjangin lagi.


intinya kalau memlih webhosting, jangan tergiur janji muluk dan manis kaya gak normal, dengan poin diatas menunjukkan kalo harga punya peranan, jangan asal murah, ntar blog kk jadi asalan, alias lemot, Tempat besar tapi lemot kacau jadinya.....Pendapat kk gimana???

No comments:

Post a Comment