Saturday, September 18, 2010

Kualitas trafik, penting!!

Kemaren udah coretin yg namanya kuantitas trafik, kali ini buat bahas Kualitas trafik, kualitas yg mana? ya tentunya kualitas dari kuantitas trafik yg kita dapat dari posting sebelumnya. ooo gitu....
Ok deh gak pake bla...blaa...bla, mahamin kualitas trafik ada beberapa pentol yang harus dibakar, emang korek api pake pentol segala, ya...anggap aj gitu, kalo udah ada pentolan dan terbakar yg laen kan ngikut aja.




Berapa lama pengunjung anda menari pada blog kk? asik..... dugem.
Diantara penari Blues, Pengunjung mana yg menari campur sari?????, emang konser dangdut  he..becanda kk, maksudnya bedain, lengkapnya pengunjung yg mana yg membaca lebih dari satu halaman, diantara pengunjung yg cuma baca halaman depan lalu ngiprit.
Darimana sumber pengunjung terbanyak?
Dengan tau point yg saya sebutkan diatas, maka perlahan kk tahu arti dari kualitas kan, fikirkan ketiga point diatas, saya yakin pasti kk udah bisa kira - kira maksudnya apa.
Biar jelas perhatikan grafik dibawah,
Berapa lama waktu berkunjung pada blog kk??


Pada grafik diatas terlihat dengan jelas arti kualitas trafik pada blog kita, abisnya kadang susah kk, ingat!!  kk hanya punya waktu bentar banget buat yakinin pengunjung kalo blog kita itu bener - bener bernilai dan bermanfaat buat di kunjungin hingga mereka membaca postingan kita.
Pengunjung dari sosial bookmark paling volatile, kaya bagian definisi RAM aja he..., alias paling gak betah kk, datang liat halaman depan lalu kabur..........Bayangin aja kk gak sampe 20 Detik, wuih....20 detik yg berharga, cepet banget ni hidup.....:-)
Coba perhatikan waktu pengunjung dari Mesin pencari, hmmmm rata - rata kk, hampir 3x lebih lama dari pengunjung sosial bookmark. kalo kk punya grafik kaya diatas, menunjukan bahwa SEO nya kk udah mayan bagus, liatin aja dari sumber mesin pencari, waktunya rata-rata. Dan juga, dengan hasil waktu pengunjung sosial bookmark kayanya harus lebih merhatiin judul ni, mungkin buat judul yg bikin penasaran, napa harus?? kalo pengunjung ngiprit tentunya liat judul udah gak menarik. nah saatnya perbaikin dikit-dikit.( Tips : Bendera - bendera perang juga diperhatikan jangan nutupin sebagian besar blog kk, kasihan ama pengunjung)
Buat yang Trafik langsung sepertinya bukan yg terlama ni, pikir - pikir ya juga, coba contoh kita aja,  kalo kita ada kebutuhan info dan udah ada tempat yang sering disamperin, pasti kan pake ketik aja tu alamat, lalu baca- baca kalo udah langsung kabur. itulah yg membuat Trafik langsung bukan yg terlama diantara pengunjung laen.
Pengunjung yg datang melalui blogroll atau melalui sebuah referensi, memiliki waktu terlama sewaktu mengunjungi blog kita, hal ini membuktikan bahwa blogroll memiliki potensi memberikan pengunjung yang berkualitas, sangat berkualitas! Rasa ketertarikan untuk mengklik link yg disediakan inilah yg menjadi sumber kebetahan pengunjung tersebut, jadi gak heran jenis yg ini yang paling betah diantara yg cepet kabur.
Ada sesuatu yg agak mengherankan, soalnya rasa - rasanya sih jarang interaksi dengan forum diskusi, palingan sekali dua aja melakukan posting thread disana, tapi pengunjung yg berasal dari forum diskusi mayan lama nyamperin blog, heran banget saya, tapi itulah adanya...
ini juga yg buwat heran, dari blog katalog juga gitu, cobain kk posting di blogcatalog.com, trafik dari sana emang kecil, tapi buat kualitas masih oke, kaya na buat blog yg masih seger, main aja kesana buat ngenalin blog kk.
Pengunjung mana yg berkunjung membaca lebih dari satu topik??


Grafik diatas menunjukkan jumlah halaman yg dibaca oleh pengunjung blog kk berdasar asal pengunjung, sewaktu impresi pertama, pada grafik tidak banyak perbedaan, ingat kk, umumnya pengunjung membaca 1 halaman, jadi bedanya agak ketat di sini.


Pengunjung sosial bookmark banyak yg datang lalu pergi, hanya 10% dari itu yg membuka halaman lain, ingat waktu hanya 20 detik untuk sosial bookmark, dari mana 20 detik??? liat lagi grafik teratas.
kayaknya kita sedikit berhasil dengan pengunjung dari Mesin pencari, Blog katalog dan Media sosial, ketika ada 100 kunjungan, 30 diantaranya membaca halaman lain, kesimpulan sementara 3 jenis sumber trafik menjadi penting, abisnya memiliki keinginan untuk berkunjung kembali.
Search engine memiliki prosentase 39% dari total kunjungan, kalau belum tahu kok bisa liat gitu di sini, hal ini nunjukin kalo asal pengunjung dari Mesin Pencari memiliki ketertarikan yg tinggi untuk ngulik halaman blog kk. Untuk itu jadi inget SEO.


Buat trafik dari forum diskusi, kadang kita juga rasain agak males ato malu ato apalah aja, untuk memasukan link dari postingan kita di blog, tapi sumber pengunjung berkualitas seringkali dari forum diskusi seperti diatas, coba lakukan itu, bukannya jamin tapi cobain deh, pasti kk gak nyesel kalo dapat tamu oke.
Benernya masih ada lagi yg perlu diketahui tapi jadi kepanjangan ntar aja kk, pasti kalo sehat saya coretin lagi buat semua.

Dari hal diatas tentunya ada manfaat yg kita ambil jadi sebuah kesimpulan antara lain :

Kebanyakan pengunjung blog kk adalah pengunjung pertama, jadi buat dia tertarik hingga mereka ingin untuk kembali, penampilan pertama penting!!! Masalah diterima ato gak nanti dulu, yg penting nembak dulu, he.. kaya masih sekolah dulu...
Pokoknya gak pake alasan, lakukan SEO ( Search Engine Optimization) Penting!! banyak pengunjung berkualitas pake pintu ini.
Backlink dari blog temen penting, hargai blogger lain, izin buat minta backlink, minta ya bilang minta, tukeran aja, sama jujur, artinya sama-sama ngasi backlink.
Berbuat aktif pada forum diskusi, gak pake sungkan masukin link buat thread yg cocok dengan isi blog kk.
Sumber dari Blog Katalog, dikit yg gak berkualitas, jadi oke juga di tembak. duarrr


Semoga rekan blogger mengerti arti kualitas dari sebuah trafik, Salam.

2 comments: