Thursday, September 16, 2010

Pahami kuantitas trafik blog

Untuk menjadi sebuah blog yg serius mestinya mendedikasikan blog tersebut untuk pembacanya, apa iya... so pasti lah kk, coba ada sebuah blog jika selalu menceritakan pengalaman pribadi dan jarang sekali memberikan manfaat yg berarti pada pembacanya , gimana coba? seandainya berpengunjung pastinya sekali sekala aja, menjadi blogger harus buang ego jauh - jauh, pokoknya kalo pembaca dirasa penting ya harus diperhatikan, tapi sebelum memperhatikan ada baiknya pahami dulu tentang hal terkait dengan yg namanya trafik. nah pada trafik ini saya bagiin 2 aja, ada yg namanya kuantitas dan kualitas.




postingan ini kita bahas aja yang namanya kuantitas dulu, ntar kualitas traffik buat postingan laen ya, abis takut kepanjangan. bla...bla...blaaa tentang trafik baiknya kk buat deh study kasus buat analisis, hingga kalo dah kenal bisa jadi sayang he....
Mari kita munculkan beberapa pertanyaan seputar blog kk, agar bisa mahamin trafik yg  berguna buat kemajuan.
"Gimana caranya membuat pengunjung baru menjadi pengunjung yg setia??, Gimana membuat klasifikasi pengunjung menurut postingan yg mereka baca??, Siapa aja yang baca blog kita??, Darimana aja pembaca kita?? Berapa postingan yg biasa di baca pengunjung kita???"
Dengan memahami pola dari pembaca kita, tentunya kita bisa membuat perencanaan postingan disesuaikan dengan trend dari pengunjung kita, harus klop, misalnya gini, kk punya blog yang berniche hobi memancing, menurut analisis pengunjung, artikel yang berkaitan dengan teknik cara memancing selalu mendapat banyak pengunjung di saat menjelang diadakannya kontes memancing Nasional. Nah buat apa tau ginian???? ya ada kk gunanya, namanya analisiskan untuk menjadi sebuah cara memahami sesuatu buat memberikan hasil yg paling efektif dikemudian hari, karena kita kan di jurusannya blogging, gunakan peluang yg timbul dari analisis untuk memaksimalkan potensi sebuah isi ato konten, kalo masalah tujuan dikembalikan ke kk masing2, asal positif.


Dengan menganalisis asal dan pola pengunjung, kita udah selangkah didepan, napa? sementara blogger laen baru cari - cari ide konten, namun kk udah bisa memulai membuat isi konten yang didasarkan pada hasil analisis baik menurut jumlah, waktu, sumber trafik dll, jadi membuat konten yang tepat disaat yang tepat, adalah dambaan setiap blogger, setuju...!


berikut adalah contoh asal trafik yang menyambangi sebuah blog,
Trafik  dari social bookmarking seperti : Reddit, Digg, BoingBoing, Fark, Shoutwire, StumbleUpon, PopUrls and Instablogs
Mesin pencari: Google, Google Images, Google Answers, Yahoo, AOL, MSN
Trafik langsung kaya bis patas, pengunjung yg langsung ketikin alamat blog kk pada address bar browsernya tanpa harus ada referensi dari blog laen.
Trafik dari forum diskusi, kan banyak tu forum kaya ginian, sebut aja yang besar2, kaya kaskus, indowebster dll
Blog katalog, seperti bloglines, blog catalog, dll
Media sosial seperti, Facebook, Twitter, Frendster
Trafik referensi, trafik yg datang melalui referensi dari blog laen, ya seperti komunitas blogger, ataupun jaringan blogroll


Nah dari sekian banyak kategori asal pengunjung ini, mana sih yg kira - kira paling banyak persentasenya???, enaknya liatin grafik aja ya biar cepet oke...


Nah dari grafik diatas pengunjung terbanyak datang dari Mesin pencari 39% dan sosial bookmark sekitar 38% sehingga jadi 77%, kebanyakan adalah pengunjung baru.
Yg kedua gak kalah penting adalah Trafik langsung, yg ini kasi respect dong kk, napa ?? inilah pengunjung inti dari blog kk, gak pake berhenti tu bisnya langsung tancap gas, tanpa basa - basi pengunjung yang sifatnya langsung, pasti masukkin nama blog kk pada address bar trus enter, trus sampai ke blog kk.
Selanjutnya, pada grafik diatas walaupun trafik dari sosial Media Sosial, katalog blog , blogroll dan forum diskusi kecil sekitar 8%, gak perlu diacuhkan, soalnya ada potensi buat kualitas trafik. Tentang Kualitas Trafik postingan selanjutnya ya....
Truz manfaatnya apa kalo udah cape 0 cape gini, ada dong kk, setelah lakuin analisis tentunya ada hasil dari pertanyaan yg sengaja kita buat tadi, kira - kira gini jabaran sementara hasil analisisnya :
Dengan melihat hasil analisis, kk jadi tau gimana tu manfaatin waktu untuk menargetkan postingan, misalnya kk bekerja keras hanya untuk asal pengunjung yg hanya 1% aja, bukan tidak mau kaya gitu, tapi coba waktu yg dihabiskan untuk gencar menargetkan pada prosentase yg sangat keci tentunya tidak seimbang, sekali lagi saya katakan bukan yg 1% gak penting, bukan! ada pendekatan lain untuk yg 1% ini, laen waktu bakal saya jelasin ya kk.
Mesin pencari memiliki pengunjung yg cukup besar, itulah mengapa SEO menjadi sedikit penting buat blog kk, lakuin SEO, belajar, belajar dan belajar lagi, 38% jumlah yg besar, sayang kalo gak maksimal.
Google adalah search engine kaya anak hiperaktif, he...becanda mbah, pahamin google, gimana google merayap, istilah nya si crawl, maksudnya biar enak gini aja bahasanya, google kan selalu ngunjungin blog kk dengan frekuensi suka - suka si mbah, nah memahami cara dia berkunjung gimana tentunya penting, jadi gak perlu nyusahin si mbah dengan berbagai cara yg mungkin tidak kita sengaja, misal menggunakan script yg gak bersahabat dengan google, ato lainnya.
Isi adalah Raja, ini kadang yg kurang membuat kita setuju, kok bisa?? alasannya , kadang kita malas untuk menjadi rajin, kadang kita merasa tidak kreatif, kadang kita merasa kurang bisa bersosialisasi, kadang kita merasa gak percaya diri hingga kita tidak memahami isi adalah Rajanya dari sebuah blog, bukan dengan banner gak jelas dan iklan layaknya blog kita seperti pasar malam, dan remang - remang, hiks...Berikan kualitas terbaik blog kk, walau dengan perjuangan dan pengorbanan, niscaya akan ada hasil yg sesuai dengan apa yg kk sumbangan kepada pembaca setia kk. Hasil tidak dari pembaca kk, hasil bisa dari timur, barat, utara, selatan.
Sosial bookmarking adalah trafik potensial, namun jika ingin lebih mengoptimalkannya diperlukan lebih kerja ekstra, ya nantilah kalo ada waktu, saya tulis buat bahas bersama ya kk.
Semakin tinggi jumlah pengunjung langsung kk, maka semakin tinggilah nilai kesuksesannya kk, gak perlu di ragukan lagi, blog nya kk sukses berat kalo banyak yang berkunjung langsung dari address bar browser mereka.
Kadang posting di sosial bookmarking, postingan kita jadi wabah dan otomatis akan banyak trafik layaknya tambang minyak.
Dari analisis ini kita jadi tau, bahwa kuantitas trafik bukanlah satu-satunya hal yg mempengaruhi sebuah blog, masih banyak faktor, tapi dengan belajar tentunya kk akan semakin mengerti dan memahami langkah untuk mencapai hasil maksimal. dan sama - sama kita belajar ya kk, buat kemajuan jurusan blogging Indonesia.

No comments:

Post a Comment