Tuesday, September 28, 2010

Sabar bila mendapat kritik

Mendapatkan kritik adalah hal lumrah, permasalahan bukan pada kritikannya tapi lebih ke kita gimana ngadapin kritik apalagi yg agak pedasan gitu. nah postikan kali ini ada baiknya kita jadikan topik, soalnya blogging mesti dekat yg namanya kritik. Dari sekian banyak pembaca tentunya semua gak satu suara. nah pasti ada aja yg isi komennya kritis banget, gimana kalo udah gitu???

Jika kk dapetin kritik, mungkin hal yg bakal saya tuliskan patut dijadikan masukan, moga aj bermanfaat.
Seandainya kk jatuh bukan berarti kk orang yg gagal, kadang mendapatkan kritik tidak semua bakal mau, bahkan sebagian besar malah gak mau, kita kan sering tidak mengakui kalo  kritik itu memberikan manfaat, padahal memang benar ada manfaatnya, kritik merupakan suara dari sudut pandang yang berbeda, jadi ada baiknya ditelaah dulu. Mungkin saja ada pembaca yg kurang suka dengan gaya tulisan kita ato gimana lah, kk bisa cermati dulu benar gak, ambil beberapa contoh, gimana sih sebenarnya???

Buka pikiran kk dan tutup mulut, Kalo kk dapat kritikan ada baiknya tidak melakukan pembenaran dengan cepat, kaya kounter attack aja, belajar dari suara - suara itu, dengar apa kata pembaca kk, berfikir dalam tenang, sesungguhnya banyak manfaat yg dapat diambil dari kritikan, dan ambillah yg terbaik dengan pemikiran yang cermat demi kemajuan kk.

Belajar dari semua orang, mendapat kritikan hal biasa,napa kok biasa?? kita kan hanya seorang, kita punya sudut pandang sendiri, nah pembaca kita kan banyak jumlahnya, masing - masing juga punya sudut pandang, tentunya tidak semua pembaca kita sependapat dengan sudut pandang kita. Pasti ada, mungkin banyak yg tidak sependapat dengan kita. makanya kritik itu biasa.

Percaya diri, kalo dapat kritik pastikan kk harus percaya diri, ada pepatah ngatain kalo kepintaran emosional lebih penting dari kepintaran intelek, dan ini telah terbukti. terima kritik dan belajar dari itu, pasti kk menjadi seorang blogger yang berhasil.

Tidak semua kritik membangun, nah ada kalanya sebuah kritik menyesatkan, gak papa terima aja, namun pikirkan dan jangan dibuat karena sifatnya yg merusak.maka berfikir dengan tenang sebelum mambuat keputusan.

Berani berubah, berubah?? jadi aapaan?, kadang kita punya konsep yg bagus dalam ngeblog, konsep itu kita anggap paling sempurna, tapi sekali lagi kan masih konsep?Berani untuk mengubah arah adalah cobaan, kalo kk dapat kritikan namun selalu yakin dengan konsep kk terkadang hal yg kk anggap benar bisa salah, banyak blog yg sukses setelah belajar dari kritikan pembacanya. Maksudnya gini, berani untuk mencoba sesuatu yg baru karna kesuksesan dapat diraih dengan berbagai cara, coba dan coba lagi.

Pahamin keterbatasan kk, masing - masing kita  punya kelebihan dan kekurangan, tapikan sisinya kan beda- beda. Gunakan kelebihan kita untuk berbagi dan gunakan kekurangan kita sebagai wadah untuk menerima kritikan, supanya kita menjadi blogger yg lebih baik.

Pikiran tertutup, kalo kk salah satu orang yg tipe tertutup, maksudnya pikirannya. maka kk gak bakalan bisa belajar, kk gak bisa maju, kk gak bisa jadi lebih baik, napa karena kkk merasa paling hebat. hingga gak butuh kritikan, apa iya kk hebat ? Untuk menjadi blogger sejati terima lah segala kritikan, kayaknya kita harus ngomong dengan perasaan sendiri nih, ngomong apa??? kritik aku. ajari aku, maafkan kekuranganku kawan, inilah aku kawan, terima kasih kawan,  bla...blaa...blaa..

akhirnya kritikan akan membuat kita lebih maju dari sebelumnya, oleh itu kk jangan sedih kalo ada kritik, biasa aja, dibalik itu ada hikmah bagi kita, terserah mau dilaksanakan ato tidak,kembali pada kk masing - masing, kalo sy ambil yg baik, buang yang kurang. Pendapat kk gimana?

No comments:

Post a Comment