Thursday, October 21, 2010

Pengertian Blog


Patutkah kita masih mempertanyakan apa sih yg disebut blog??? kayaknya iya,  gimana gak sampai saat ini masih ada perbedaan pendapat tentang definisi blog tersebut. Masih banyak salah pengertian akan definisi sebuah blog.


ada kalanya yg masih mempertanyakan melalui email, ngapain sih blogging, emang ada masa depan tu ngeblog, kayaknya masih deh, kenapa? selama ada internet dan internet terus berkembang maka blogging gak bakalan mati. abis blogging kan juga bagian dari internet, boro - boro mati malah nambah berkembang trend ngeblog saat ini. anda tau trend blog saat ini??

Istilah blog selalu personal kayaknya bisa dibilang gak tepat! kalo ada yg bilang gitu pastinya tu orang ngaitin yg namanya blog dengan kehidupan pribadinya aj, segala sesuatu ditulis di blognya. makanya jadi personal blog, mungkin buat tahun - tahun awal kelahiran blog bisa dikatakan gitu, tapi, dunia blogging kan berkembang dan berevolusi, sampai saat ini banyak blog telah dibuat untuk berbagai macam tujuan, dan personal hanyalah salah satunya.

Nah jadi sekali lagi blog bukan hanya bersifat personal, lebih dari itu, sebuah blog apabila ingin kita tarik sebuah definisinya maka kayaknya harus diklasifikasikan menurut isi ato kontennya, jadi gampang nemuin definisinya.

oke deh kita liatian figur dibawah :

misal anda ingin melakukan diskusi dan pertanyaan online, maka anda bisa aja mengambil salah satu format website yang anda inginkan, tidak harus berbentuk statis. namun terkadang ada tujuan tertentu yg emang lebih efesien dengan sejenis website, misal anda udah punya blog, namun pengen lebih interaktif antara sesama pembaca blog anda, tentunya anda bisa pilih forum yg memang diperuntuandaan untuk menunjang interaksi tersebut.

dengan melihat figur diatas, definisi blog tentunya dapat disebut sebagai berikut :

Blog pada dasarnya adalah sebuah jenis website, aspek pembeda antara blog dengan jenis website yg lain lebih kepada aspek teknis, bukan dasar konten yg berada pada blog tersebut. Ciri teknis sebuah blog diantaranya :

Pembaca dapat meninggalkan pesankomentar
Isi dari sebuah blog dipublikasikan menurut susunan kronologis, atau berupa runtutan.
Isi konten tersindikasi melalui RSS Feed
Isi di update secara rutin ( sama dengan jenis yg lain )
Penulis blog dapat berinteraksi traking balik dan ping balik.
Paketan fitur diatas dapat didefinisikan dengan yg namanya blog, ada juga sih forum yg menawarkan RSS Feed namun tidak dapat itu sebagai sebuah blog. nah tentunya namanya pembaca pada beda - beda pendapatnya, gimana pendapat anda tentang definisi blog??

No comments:

Post a Comment